Rabu, 17 Desember 2014

Press Realese



Pengertian Press Realese
         Banyak definisi mengenai Press realease atau dikenal juga dengan istilah news realease.Kegiatan Press realese merupakan suatu produk tulisan yang paling banyak dibuat oleh praktisi Public Relations. Istilah Press realese tidak hanya berkenan dengan media cetak ataupun media elektronik.
         Definisi Press Realese menurut Elvinaro dan Soemirat dalam buku Dasar-Dasar Publik Relations mengatakan bahwa :
Press Realese adalah informasi dalam bentuk berita yang di buat oleh bidang Publik relations suatu organisasi atau perusahaan yang disampaikan oleh pengelola pers atau redaksi media massa untuk dipublikasikan kepada khalayak. (2002:54)
         Press Realese ini merupakan suatu informasi yang dibuat oleh bidang Humas untuk dipublikasikan melalui media massa. Kegiatan di sub Bagian Publikasi, Dokumentasi dan Media Massa di  bagian Humas Biro Umum, Humas Dan Protokolpress realese merupakan kegiatan penulisan yang di lakukan oleh seorang Public relations untuk mempublikasikan setiap kegiatan yang telah diliput melalui medai massa cetak dan media massa elektronik.
         Press Realese dapat disebut juga dengan siaran pers, digunakan sebagai media publisitas, media yang banyak digunakan dalam kegiatan kehumasan kaerena dapat menyebarkan berita.

 Syarat-syaratPress Realese
         Syarat dalam Press Realese seorang Public relations harus memahami gaya jurnalistik dalam mengirimkan press realese. Dengan mengetahui syarat-syarat suatu press realese seorang public relations akan membuat pressrealese dengan baik. Menurut Effendi dalam buku Hubungan Masyarakat menjelaskan syarat-syarat press realese adalah sebagai berikut :
1.      Mengandung Nilai Berita atas suatu hal atau peristiwa yang menimbulkan rasa aneh, kagum, heran atau yang pertama kali terjadi.
2.      Faktanya terkini, waktu terjadinya peristiwa yang sedikit baru
3.      Disusun secara piramida terbalik
4.        Mengandung unsur 5 W+1 H
5.        Disusun dengan kata-kata yang lazim. (2002:161)
Dari syarat-syarat press realese diatas dapat kita simpulkan bahwa dalam setiap pembuatan press realese harus memiliki syarat-syarat tersebut agar seorang PR dalam pengiriman press realese dapat diterima dan dimuat melalui media massa baik media cetak atau media eletronik.
Elvinaro dan Soemirat dalam buku Dasar-Dasar Public relationstentang tiga alasan menggunakan piramida terbalik dalam menulis press realese yang baik yaitu :
1.    Pembaca dikategorikan sebagai orang yang  sibuk dan mempunyai waktu yang singkat untuk mendapatkan berita yang faktual.
2.    Redaksi media massa harus memotong press realese tersebut tanpa mengurai isi pokok.
3.    Redaksi tidak mempunyai waktu untuk membaca keseluruhan press realese.
Menurut Jefkins dalam buku Public Relations penulisan Press Reales juga mengacu pada “The sevent-point Model” atau disebut dengan “SOLAADS”. hal tersebut merupakan upaya pngecekan bahan material informasi atau cerita penyusunan alur cerita dan menghilangkan bahan-bahan yang kurang penting dalam siaran bentuk press realese. Ketujuh unsur tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Subject (subjek)
Apa yang dituturkan dalam cerita
2.      Organization (organisasi)
Apa nama organisasi yang bersangkutan atau berkepentingan?
3.      Location (lokasi)
Dimana organisasi itu berlokasi?
4.      Advantage (keunggulan)
Apanya yang baru serta apa manfaatnya?
5.      Application (penerapan)
Apa saja kegunaan atau manfaatnya?
Siapa pengguna atau pihak-pihak yang dapat memanfaatkannya
6.      Details (rinciaan)
Berapa ukurannya, apa warnanya, berapa harganya, bagaimana bentuk atau penampilannya (dan berbagai hal rinci lainnya)
7.      Source (sumber)
Dimana produk itu bisa diperoleh?
Jika tidak ada lokasi khusus, maka sumber yang dipakai adalah alamat kantor pusat organisasi. (2003:123)
         Artinya, press realese yang ditulis diupayakan mengandung informasi-informasi tentang tujuh unsur yang telah dijelaskan diatas.

Contoh press release :

Djarum Super : RockAdventure with Burgerkill”


Sebuah konsep tur musik keliling bertajuk Djarum Super RockAdventure telah lahir !  Dengan menggabungkan konsep yang menarik yaitu konser musik tur keliling dengan Meet & Greet di beberapa daerah di Indonesia dengan melibatkan penggemar secara langsung melalui oneline voting di website www.djarum-super.com serta kuis-kuis di media sosial yang berhadiah paket exclusive merchandise.
Roland Halim, Brand Manager Djarum Super menyatakan ”Djarum Super RockAdventure merupakan wadah baru bagi musisi-musisi muda Indonesia untuk tampil berkreasi dengan menghantarkan musik penuh energi mereka ke hadapan penggemar di berbagai daerah di Indonesia. Ini akan menjadi rumah baru bagi band-band yang memiliki penggemar militan di seluruh Indonesia.”
Pada penampilan perdananya Djarum Super Rockadventure mempersembahkan tur dengan band asal Ujung Berung, Bandung yaitu Burgerkill, yang berformasikan kuintet metal vokalis Vicky, Gitaris Eben & Agung, Drummer Andris dan bassist Ramdan, yang mana merupakan salah satu band metal terbesar di Indonesia yang baru saja meraih penghargaan bergengsi di ajang Golden Gods Awards 2013 dari majalah Metal Hammer.
Burgerkill telah memberikan bukti dan taji metal mereka di kancah penghargaan musik kelas dunia di ajang Golden Gods Awards 2013 di kategori Metal As F*cK mengalahkan Jason Newsted, Pussy Riot, Nergal dan Sea Shepherd. Di acara Golden Gods Awards 2013 yang diselenggarakan oleh majalah metal terkemuka Metal Hammer  pada 17 Juni 2013 lalu tampil Motorhead, Airbourne, Five Finger Death Punch, Coal Chamber dan Paradise Lost.
Selepas pulang dari Golden Gods Awards 2013  tanpa banyak istirahat lagi Burgerkill sudah mempersiapkan diri untuk menjalankan tur panjang di beberapa kota dalam gelaran Djarum Super Rockadventure 2013.
”Kami bangga menjadi band pertama di Djarum Super Rockadventure 2013 ini. Kami siap memberikan penampilan yang terbaik di acara ini sekaligus untuk merayakan kemenangan kami di ajang Golden Gods Awards 2013.  Djarum Super Rockadventure 2013 menjadi media kami menyapa para Begundal di berbagai daerah di Indonesia.” kata Eben, gitaris dan mastermind dari Burgerkill.
”Disini memang kita menyiapkan konsep yang sangat berbeda, dimana pada Djarum Super RockAdventure 2013 ini para penggemar Burgerkill bisa berinteraksi dan merasakan secara langsung dari mulai pemilihan kota tempat konser diadakan secara online voting, sampai ikut merasakan pengalaman dari mulai persiapan konser, mengikuti seluruh kegiatan tur, sampai berada di dalam satu bus dengan Burgerkill” tambah Roland Halim, Brand Manager Djarum Super.
Tentu menjadi pertanyaan menarik kota mana saja yang akan menjadi tempat singgah tur Djarum Super Rockadventure 2013 with Burgerkill? Di acara Press Conference yang akan berlangsung pada 20 Juni 2013 teman-teman dari Burgerkill akan mengumumkan secara langsung kepada Media, kota mana saja yang terpilih menjadi lokasi untuk Djarum Super Rockadventure di tahun 2013 ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar