Pengertian Press Realese
Banyak
definisi mengenai Press realease atau
dikenal juga dengan istilah news realease.Kegiatan
Press realese merupakan suatu produk
tulisan yang paling banyak dibuat oleh praktisi Public Relations. Istilah Press
realese tidak hanya berkenan dengan media cetak ataupun media elektronik.
Definisi Press
Realese menurut Elvinaro dan Soemirat
dalam buku Dasar-Dasar Publik Relations mengatakan bahwa :
Press Realese adalah informasi
dalam bentuk berita yang di buat oleh bidang Publik relations suatu organisasi
atau perusahaan yang disampaikan oleh pengelola pers atau redaksi media massa
untuk dipublikasikan kepada khalayak. (2002:54)
Press Realese ini merupakan suatu informasi yang dibuat oleh bidang Humas untuk
dipublikasikan melalui media massa. Kegiatan di sub Bagian Publikasi,
Dokumentasi dan Media Massa di bagian
Humas Biro Umum, Humas Dan Protokolpress
realese merupakan kegiatan penulisan yang di lakukan oleh seorang Public relations untuk mempublikasikan
setiap kegiatan yang telah diliput melalui medai massa cetak dan media massa
elektronik.
Press Realese dapat disebut juga dengan siaran pers, digunakan sebagai media
publisitas, media yang banyak digunakan dalam kegiatan kehumasan kaerena dapat
menyebarkan berita.
Syarat-syaratPress
Realese
Syarat dalam Press Realese
seorang Public relations harus
memahami gaya jurnalistik dalam mengirimkan press
realese. Dengan mengetahui syarat-syarat suatu press realese seorang public
relations akan membuat pressrealese
dengan baik. Menurut Effendi dalam
buku Hubungan Masyarakat menjelaskan
syarat-syarat press realese adalah
sebagai berikut :
1.
Mengandung Nilai
Berita atas suatu hal atau peristiwa yang menimbulkan rasa aneh, kagum, heran
atau yang pertama kali terjadi.
2.
Faktanya terkini,
waktu terjadinya peristiwa yang sedikit baru
3.
Disusun secara
piramida terbalik
4.
Mengandung unsur
5 W+1 H
5.
Disusun dengan
kata-kata yang lazim. (2002:161)
Dari syarat-syarat press
realese diatas dapat kita simpulkan bahwa dalam setiap pembuatan press realese harus memiliki
syarat-syarat tersebut agar seorang PR dalam pengiriman press realese dapat diterima dan dimuat melalui media massa baik
media cetak atau media eletronik.
Elvinaro dan Soemirat dalam buku Dasar-Dasar
Public relationstentang tiga
alasan menggunakan piramida terbalik dalam menulis press realese yang baik yaitu :
1.
Pembaca
dikategorikan sebagai orang yang sibuk
dan mempunyai waktu yang singkat untuk mendapatkan berita yang faktual.
2.
Redaksi media
massa harus memotong press realese
tersebut tanpa mengurai isi pokok.
3.
Redaksi tidak
mempunyai waktu untuk membaca keseluruhan press
realese.
Menurut Jefkins dalam
buku Public
Relations penulisan Press Reales
juga mengacu pada “The sevent-point
Model” atau disebut dengan “SOLAADS”.
hal tersebut merupakan upaya pngecekan bahan material informasi atau cerita
penyusunan alur cerita dan menghilangkan bahan-bahan yang kurang penting dalam
siaran bentuk press realese. Ketujuh unsur tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Subject (subjek)
Apa yang
dituturkan dalam cerita
2.
Organization
(organisasi)
Apa nama
organisasi yang bersangkutan atau berkepentingan?
3.
Location (lokasi)
Dimana organisasi
itu berlokasi?
4.
Advantage (keunggulan)
Apanya yang baru
serta apa manfaatnya?
5.
Application
(penerapan)
Apa saja kegunaan
atau manfaatnya?
Siapa pengguna
atau pihak-pihak yang dapat memanfaatkannya
6.
Details
(rinciaan)
Berapa ukurannya,
apa warnanya, berapa harganya, bagaimana bentuk atau penampilannya (dan
berbagai hal rinci lainnya)
7.
Source (sumber)
Dimana produk itu
bisa diperoleh?
Jika tidak ada
lokasi khusus, maka sumber yang dipakai adalah alamat kantor pusat organisasi.
(2003:123)
Artinya, press realese
yang ditulis diupayakan mengandung informasi-informasi tentang tujuh unsur yang
telah dijelaskan diatas.
Contoh press release :
Djarum Super : RockAdventure with Burgerkill”
Sebuah konsep tur musik keliling bertajuk Djarum Super RockAdventure telah lahir ! Dengan menggabungkan konsep yang menarik yaitu konser musik tur keliling dengan Meet & Greet di beberapa daerah di Indonesia dengan melibatkan penggemar secara langsung melalui oneline voting di website www.djarum-super.com serta kuis-kuis di media sosial yang berhadiah paket exclusive merchandise.
Roland Halim, Brand Manager Djarum Super menyatakan ”Djarum Super RockAdventure merupakan wadah baru bagi musisi-musisi muda Indonesia untuk tampil berkreasi dengan menghantarkan musik penuh energi mereka ke hadapan penggemar di berbagai daerah di Indonesia. Ini akan menjadi rumah baru bagi band-band yang memiliki penggemar militan di seluruh Indonesia.”
Pada penampilan perdananya Djarum Super Rockadventure mempersembahkan tur dengan band asal Ujung Berung, Bandung yaitu Burgerkill, yang berformasikan kuintet metal vokalis Vicky, Gitaris Eben & Agung, Drummer Andris dan bassist Ramdan, yang mana merupakan salah satu band metal terbesar di Indonesia yang baru saja meraih penghargaan bergengsi di ajang Golden Gods Awards 2013 dari majalah Metal Hammer.
Burgerkill telah memberikan bukti dan taji metal mereka di kancah penghargaan musik kelas dunia di ajang Golden Gods Awards 2013 di kategori Metal As F*cK mengalahkan Jason Newsted, Pussy Riot, Nergal dan Sea Shepherd. Di acara Golden Gods Awards 2013 yang diselenggarakan oleh majalah metal terkemuka Metal Hammer pada 17 Juni 2013 lalu tampil Motorhead, Airbourne, Five Finger Death Punch, Coal Chamber dan Paradise Lost.
Selepas pulang dari Golden Gods Awards 2013 tanpa banyak istirahat lagi Burgerkill sudah mempersiapkan diri untuk menjalankan tur panjang di beberapa kota dalam gelaran Djarum Super Rockadventure 2013.
”Kami bangga menjadi band pertama di Djarum Super Rockadventure 2013 ini. Kami siap memberikan penampilan yang terbaik di acara ini sekaligus untuk merayakan kemenangan kami di ajang Golden Gods Awards 2013. Djarum Super Rockadventure 2013 menjadi media kami menyapa para Begundal di berbagai daerah di Indonesia.” kata Eben, gitaris dan mastermind dari Burgerkill.
”Disini memang kita menyiapkan konsep yang sangat berbeda, dimana pada Djarum Super RockAdventure 2013 ini para penggemar Burgerkill bisa berinteraksi dan merasakan secara langsung dari mulai pemilihan kota tempat konser diadakan secara online voting, sampai ikut merasakan pengalaman dari mulai persiapan konser, mengikuti seluruh kegiatan tur, sampai berada di dalam satu bus dengan Burgerkill” tambah Roland Halim, Brand Manager Djarum Super.
Tentu menjadi pertanyaan menarik kota mana saja yang akan menjadi tempat singgah tur Djarum Super Rockadventure 2013 with Burgerkill? Di acara Press Conference yang akan berlangsung pada 20 Juni 2013 teman-teman dari Burgerkill akan mengumumkan secara langsung kepada Media, kota mana saja yang terpilih menjadi lokasi untuk Djarum Super Rockadventure di tahun 2013 ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar